Sejarah

Embrio Fakultas ini lahir dari meleburnya tiga Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Serambi Mekkah yaitu Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah dan Fakultas Dakwah. Ketiga Fakultas ini di bawah keordinasi KOPERTAIS 5 Wilayah Aceh.

Fakultas tarbiyah sebelumnya bernama sekolah tinggi ilmu Tarbiyah dibuka sejak tahun 1985 dengan status Terdaftar pada kementerian Agama RI. Sejak tanggal 27 Maret 2000 Lembaga pendidikan ini telah mendapat status diakui berdasarkan surat keputusan Dirjen BIMBAGA Islam Departemen Agama RI No. E/40/2000 yang kemudian berubah statusnya menjadi Fakultas Tarbiyah sesuai dengan surat keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam Jakarta Nomor: Dj.II/314/03. Fakultas Tarbiyah mempunyai Prodi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam anak usia Dini

Fakultas Dakwah Syariah yang dibawahnya ada prodi komunikasi Penyiaran Islam dan Diploma Perbankan Syariah, berdiri 14 Januari 2011 dengan SK pendirian bernomor Dj.I/54/2011.

Ada Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama, Pada tahun 1997 dengan Nomor No. E/PP009/J/1121/97 bertanggal 27 Juni 1997 yang memuat ketentuan sebagai berikut :

  1. PTAIS yang berbentuk Fakultas dalam lingkungan Universitas Swasta agar merubah bentuknya menjadi Fakultas Agama Islam dengan beberapa jurusan yang dibawah Fakultas Adab, Fakultas Dakwah, Fakultas Syari’ah, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Tarbiyah.
  2. Fakultas yang berada di daerah filial (kelas Jauh) tidak diperkenankan dan jika masih ada harus diubah menjadi STAI atau nama lain sesuai ketentuan tersebut di atas.

Berdasarkan Surat Edaran tersebut pada tanggal 4 Januari 2018 oleh Rektor Universitas Serambi Mekkah DR. H. Said Usman, M.Kes melalui surat keputusannya, menggabungkan tiga fakultas tersebut menjadi satu Fakultas yaitu Fakultas Agama Islam di lingkungan Universitas Serambi Mekkah.