Fakultas Agama Islam Menjalin Kerja Sama Dengan Askopis

Askopis adalah asosiasi komunikasi dan penyiaran Islam se Indonesia, dengan bahasa lain adalah sebuah wadah persatuan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam di bawah kemenag yang ada di Indonesia. Yang tugasnya membimbing akreditasi Prodi KPI menjadi lebih baik.
Hari ini tepatnya hari Rabu Tanggal 28 Maret 2018 di Aula sidang PascaSarjana UIN Ar Raniry telah bersepakat untuk menandatangani MOU antara Fakultas Agama Islam Serambi Mekkah dengan Askopis. Dekan Fakultas Agama Islam DR. Andri Nirwana.AN, M. Ag dan Ketua Askopis : Muhammad Zamroni, S. Sos, M.Si telah bersepakat untuk membawa Prodi KPI universitas Serambi Mekkah menjadi Prodi Terunggul di tahun 2022.


Ketua Askopis Muhammad Zamroni menyampaikan saat ini jumlah anggota askopis adalah 100 prodi dari 250 Prodi KPI yang ada di Indonesia dan beliau berharap ke depan selebihnya (kurang lebih) 150 prodi lagi seharusnya bergabung dengan Askopis, guna memperkuat Epistimologi Keilmuan Komunikasi penyiaran Islam tersebut. Beliau menambahkan ada beberapa prodi KPI yang ada di Aceh yaitu di Universitas Serambi Mekkah, di UIN Ar Raniry, STAIN Gajah Putih, IAIN malikus saleh, IAI Aziziyah samalanga, IAI al Muslim, STAIN Dirundeng, IAIN Cot Kala, selayaknya juga bergabung dalam wadah ini.
Acara inti hari ini difasilitasi oleh Pascasarjana UIN Ar Raniry untuk meminta Bapak ketua Askopis mengisi materi Workshop kurikulum KKNI untuk prodi S2 Komunikasi, Beliau menyampaikan “Perumusan Kurikulum diawali dengan analisis Swot (atau menganalisa apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan Prodi kita), Lalu mengundang User untuk mendengar Informasi tentang Tenaga Kerja yang dibutuhkan oleh User, Lalu Prodi menyusun Profil Lulusan prodi KPI, setelah jelas Profil Lulusan, Dilanjutkan dengan membuat Workshop Mata kuliah yang akan memenuhi tuntutan Profil Lulusan tersebut, lalu dilakukan Workshop Pengaturan Silabus Tiap Mata Kuliah. Setelah ini dilakukan, baru pihak Dosen yang menyusun RPS (Rencana Pembelajaran Semester) sesuai dengan Silabush. Beliau berpesan, jangan Dosen langsung disuruh buat silabus, karena akan tidak sesuai dengan Profil lulusan”
Acara ini dihadiri oleh seluruh Prodi KPI yang ada di Aceh, Media koran, Komisioner KPI, dan para dosen Fakultas Dakwah UIN Ar Raniry, kurang lebih berjumlah dua puluh Orang. Bapak ketua Askopis berpesan kepada ketua Prodi S2 KPI DR Abd. Rani Usman, M.Si, untuk membuat DPD Askopis Aceh dan beliau bersedia melantik di Aceh atau pada acara Konfrensi Nasional di Salatiga Jawa tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *